KALIMANTAN BARAT

                        KALIMANTAN BARAT    

Kalimantan Barat (disingkat Kalbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak. Dan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur & Kalimantan Tengah.

Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata & Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Berdasarkan sensus tahun 2010, etnis paling dominan di Kalimantan Barat, yaitu Dayak. Etnis Dayak merupakan etnis di daerah pedalaman.
Bahasa yang digunakan di kalimantan barat selain bahasa Indonesia, yaitu bahasa melayu pontianak, melayu sambas, dan Bahasa Senganan menurut wilayah penyebarannya.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kalimantan_Barat
__________________________________________________

1. WISATA ALAM

    - Bukit Kelam, Sintang
Bukit Kelam merupakan salah satu icon wisata di Sintang, Kalimantan Barat. Bukit Kelam menawarkan pemandangan eksotis dari puncak bukit. Hamparan luas kota Sintang dan hutan terlihat semakin indah dari atas bukit. Bukit Kelam sendiri diklaim sebagai batu monolit terbesar di dunia.

   -  Pantai Temajuk, Sambas
Pasir putih yang terhampar luas, serta gugusan batu granit dan batu karang menjadi perpaduan yang elok. Disini, anda juga dapat melakukan snorkeling untuk bisa melihat keindahan bawah lautnya.


  - Kendawangan, Ketapang
tempat ini menjadi surga lahan hunting foto yang tak kalah cantik dari gurun-gurun di Mesir. Warganet pun mulai berbondong – bondong untuk menagabdikan gambar di gurun ini.


Sumber: https://phinemo.com/catat-6-destinasi-wisata-kalimantan-barat-yang-antimainstream/
__________________________________________________

2. WISATA BUDAYA
    
     - Keraton Kadriah
Selain menikmati kemegahan arsitektur bangunan bersejarah di Pontianak ini, Toppers juga bisa menemukan berbagai benda-benda bersejarah seperti meriam kuno peninggalan Jepang dan Portugis serta perabot-perabot bersejarah peninggalan Sultan dan Permaisuri. Disini, terjadap juga Al- Quran ditulis tangan sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.


    - Rumah Bentang Radakg
Replika rumah adat suku Dayak di Kalimantan Barat ini bahkan meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Panjang rumah ini mencapai 138 meter. Rumah adat dari Suku Dayak ini masih kerap digunakan untuk berbagai aktivitas seni dari Suku Dayak di Kalimatan Barat.


     - Museum Negeri Sejarah Budaya Khas
Destinasi wisata edukasi di Kalimantan Barat ini memamerkan koleksi Geografika/Geologika berupa peta dan jenis batu-batuan; koleksi biologika, arkeologika, historika, numismatika, dan keramologika berupa tempayan, piring, mangkuk, sendok, dan lainnya yang berasal dari China, Vietnam, Jepang, Eropa, dan keramik lokal Singkawang.


Sumber: https://www-tokopedia-com.
__________________________________________________

3. WISATA BUATAN
    
    - Tugu Digulis
Tugu Digulis yang merupakan bentuk penghormatan warga Pontianak akan perjuangan sebelas tokoh yang tergabung dalam Sarekat Islam. Apalagi, keunikan tugu ini terletak pada bentuknya yang menyerupai bambu runcing. Tugu tersebut juga dikelilingi air mancur dan lampu hias yang memadati sisi dalam Tugu Digulis.


   - Kolam renang JC Oevang Oeray 
Salah satu objek wisata di Pontianak ini sangat ramai dikunjungi oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Di dalamnya terdapat wahana permainan air yang dapat digunakan secara gratis. Wanaha air yang tersedia antara lain, perosotan dewasa dan anak-anak, ember air raksasa dan pancuran relaksasi.


  - Tugu khatulistiwa
Ikon kota Pontianak ini memiliki garis yang memisahkan antara belahan bumi utara dan selatan, yang selama ini kita kenal dengan nama garis khatulistiwa. Selain keberadaan garis khatulistiwa, adanya peristiwa kulminasi juga jadi daya tarik bagi wisatawan. Kulminasi merupakan momen saat matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Uniknya, saat terjadi kulminasi, bayangan Tugu Khatulistiwa akan menghilang selama beberapa detik. Bayangan menghilang juga akan terjadi pada benda-benda di sekitar tugu, bahkan bayangan kita sendiri dapat menghilang selama kulminasi.


Sumber: https://travelingyuk.com
__________________________________________________

1. Something to do
    - kita dapat mengambil spot foto yang bagus di tempat destinasi
    
    - kita dapat melakukan snorkeling di pantai temajuk, sambas

2. Something to see
    - kita dapat melihat pertunjukan festival - festival seperti festival budaya Dayak
   
    - kita dapat melihat kulminasi di Tugu khatulistiwa

3. Something to buy
    - kita dapat membeli oleh-oleh seperti lempok durian, manisan lidah buaya dan masih banyak lagi

    - kita dapat membeli pernak-pernik etnik dayak seperti gelang, kalung, dompet dll





Comments

Popular Posts